Sukses (Kirim Surat Lamaran, Psikotest, dan Wawancara) dalam Kerja


Mencari pekerjaan nggaklah sulit, tapi yang sulit adalah apakah pekerjaan tersebut adalah panggilan jiwa kita?

Kamu tinggal buka koran setiap paginya, setidaknya ada 10 iklan lowongan pekerjaan untuk posisi yang ditawarkan. Cuma apa ada yang cocok? Aku tipe orang yang pemilih dalam mencari pekerjaan, walaupun ada tawaran dengan salary yang oke tapi sayangnya aku nggak sreg maka aku tolak. Ada juga tipe orang yang dari 10 iklan lowongan pekerjaan itu mereka masukin semua surat lamaran, dengan harapan barangkali ada yang menyantol.

Tips : Surat lamaran pekerjaan yang good looking.


  • Untuk format surat lamaran pekerjaan, kamu search dari google. Banyak kok orang yang baik hati mau berbagi format surat lamaran pekerjaan. Modern-nya isi surat lamaran itu to the point. Aku sendiri hanya deskripsikan nomor kontak, email, lulusan dari universitas/sekolah tinggi mana, pengalaman kerja, pengalaman organisasi, dan kemampuan.
  • Isi data sesuai apa adanya. Untuk yang fresh graduate bisa dilengkapi dengan pengalaman berorganisasi selama masih di kampus. Kamu juga bisa lengkapi skill lainnya, misalnya punya kemampuan mengoperasikan komputer (minimal paket Office). Untuk yang experience dilengkapi dengan history selama bekerja beserta job desk.
  • Foto dengan tampilan fresh, bukan tampilan kaku. (Thanks to TM buat sarannya). Biasanya HRD melihat dari foto. Pernah aku melamar di suatu perbankan, kemudian saat wawancara aku ditawarkan di posisi yang agak kurang interest. Si Kepala Cabangnya bilang padahal dari aura fotoku itu cocok untuk posisi yang dia tawarkan.
  • Lampirkan saja sertifikat-sertifikat yang berhubungan sama pekerjaan yang kamu lamar. Pokoknya sertifikat yang menunjang pekerjaan yang kamu lamar. Ada temenku kemarin dia melamar, sertifikat yang dia lampirkan itu lengkap. Lengkap mulai dari dia jadi panitia acara A, lomba B, kontes C, dan bazar Z. Pas diwawancara, si pewawancara kaget sendiri karena bentuknya hampir kayak bundle majalah.
  • Amplop. Amplop ada pengaruhnya juga walaupun seper-berapa dari 100% itu. Biasanya amplop untuk mengirim surat lamaran bentuknya yang ada tali. Tali itu kamu lilitkan jangan sampai merepotkan HRD untuk membukanya.

Tips : Psikotest


  • Setelah surat lamaran kita ada yang menarik perhatian HRD, biasanya kita akan ditelepon balik untuk melakukan wawancara singkat dan kesediaan mengikuti test psikotest.
  • Test psikotest sendiri dimasukkan agar perusahaan dapat mengenal kepribadian calon karyawan tersebut.
  • Kamu pernah melakukan test ini? Aku sendiri udah cukup sering dan sampai pegal tangan ini sama jumlah soal yang banyak. Walaupun udah sering melakukan test psikotest, aku sendiri nggak pernah dan nggak mau menghapal jawabannya apa saja.
  • Kunci dari psikotest ini adalah menampilkan diri kita apa adanya. Makanya waktu kamu mau test ini, usahakan persiapan diri kamu sehari sebelumnya dengan istirahat yang cukup dan pada hari-H kamu jangan tegang. Yang bisa kamu isi ya diisi, asal jangan kamu kosongkan semua. Intinya kecepatan kamu menjawab semua pertanyaan psikotest.
  • Setidaknya ada 4 bentuk soal (bisa lebih). (1) Bentuk soal bangun : kamu diminta cari mana yang berbeda atau apa yang perlu ditambahkan dari rangkaian bangun yang saling berhubungan. (2) bentuk soal angka : biasanya deret angka secara acak, kamu tinggal cari pola dari deret angka tersebut. (3) bentuk soal aritmatika : jenis soal ini biasanya berupa kalimat matematika, kamu nggak boleh pakai kalkulator makanya corat-coretnya di balik kertas jawaban. (4) bentuk soal gambar : nah kalau untuk gambar biasanya gambar objek hidup (manusia atau pohon). Kalau kamu nggak bawa pensil, nanti mereka bakal pinjamin pensil. Asal kamu nggak nyolong habisnya.
  • Selain bentuk soal di atas, masih banyak lagi jenis soal yang lain.
  • Oh ya ada test yang namanya KRAEPLIEN. Test ini lah yang bikin tangan pegal dan menguras otak karena dari HRD hanya menginstruksikan kata “pindah” untuk waktu tertentu (umumnya 30 detik). Cuma ada selembar kertas berukuran A3 dan isinya deretan angka dan kamu harus menjumlahkan angka-angka tersebut. Test KRAEPLIEN ini sendiri digunakan untuk mengungkapkan ketelitian, kecepata, kestabilan, dan ketahanan kerja. Kata psikolog : efek lain dari test ini untuk melihat apa ada mengidap penyakit epilepsi. Aku sendiri nggak tahu korelasinya, cuma mungkin bisa saja terjadi lantaran butuh konsentrasi tinggi untuk mengerjakannya.
  • Beruntung kalau test KRAEPLIEN ini dilakukan pertama kali, jadi kamu masih punya konsetrasi yang baik. Coba kalau test ini dilakukan terakhir, aku udah nggak bisa ngomong lagi deh.
  • Selamat mencoba :mrgreen:

Tips : Wawancara


  • Selesai kamu psikotest, biasanya diminta tunggu dalam waktu paling lama 2 minggu untuk mengoreksi hasil. Yang jelas selama waktu menunggu ada rasa gelisah, tanda tanya apa nanti lulus atau nggak.
  • Selalu stand by ponsel kamu. Oh ya, ada baiknya untuk nomer kontak kamu kasih nomor cadangan.
  • Udah siap diwawancara?
  • Perhatikan penampilan kamu! Simpel dengan paduan warna yang nggak rame dan rapi.
  • Cowok :
    1. Perhatikan kerapian rambut, nggak ada salahnya kamu pakai gel rambut.
    2. Cukur semua kumis dan jambang.
    3. Aksesoris yang cocok dipakai jam tangan, kemudian untuk cincin maksimal dua lah. Soalnya aku pakai dua cincin sih :mrgreen:.
    4. Untuk parfum, jangan kamu sampai too much dalam pemakaian parfum. Nanti aroma itu masih bisa kecium dalam radius 2 meter.
    5. Pakaiannya mulai dari kemeja, celana dasar, ikat pinggang, dan pantofel. Untuk warna cari yang netral seperti putih atau biru. Oh ya kemeja disini tergantung situasi, kalau untuk wawancara awal biasanya aku pakai kemeja lengan pendek. Sementara kalau wawancara akhir aku pakai kemeja lengan panjang. Soalnya wawancara akhir itu lebih menuju ke big boss dan formal.
  • Cewek :
    1. Rambut panjang jangan diurai begitu saja.
    2. Aksesoris jangan berlebihan apalagi kalau ada krincing-krincing.
    3. Kemarin aku lihat ada cewek pakai setelan kerja tapi dia kelihatan chic.
    4. Sepatu pakai high-heels 5 cm udah cukup.
    5. Make up.
  • Yakin udah siap diwawancara?
  • Jadwal wawancara kadang dibikin bersama dengan peserta lainnya jadi ada sistem saling atri kayak di dokter. Ada untung dan ruginya juga kalau sistem wawancara kayak gini.
  • Untungnya kamu bisa cari informasi dari mereka, bisa dapat kenalan baru.
  • Ruginya kalau kamu yang diwawancara dulu tentu kamu bakal kurang informasi. Cuma ambil positifnya saja, setidaknya si pewawancara kamu lebih fresh buat wawancara kamu :mrgreen:.
  • Terus apa saja yang biasanya ditanyain dalam wawancara? Simak berikut ini:
    1. Jual diri kamu.
      Aku pernah ditanyain begitu waktu melamar di posisi marketing. Pertanyaannya : Apa yang bisa kamu jual dari diri kamu? Buset ini orang kok kasih pertanyaan menjebak.
    2. Describe about yourself
      Ceritakan saja tentang kamu. Saranku jangan jelaskan isi curricullulm vitae kamu. Misalnya kamu lahir dimana, sejarah sekolah kamu mulai dari TK sampai lulus kuliah. Tapi yang kamu jelasin itu tentang ketetarikan kamu sama posisi yang kamu lamar. Untuk kamu yang fresh graduate kamu bisa jelasin aktivitas selama kuliah, kamu senang sama mata kuliah apa.
    3. Sisanya pertanyaan mengalir. Si pewawancara akan menemukan pertanyaan dari setiap kata yang kamu lontarkan. Makanya mind your step.
    4. Kadang kita suka disudutkan dengan pertanyaan menjebak lainnya. Misal kita dibawa untuk menyelesaikan permasalahan yang terjadi dari kasus yang dibuat oleh pewawancara.
    5. Apa kelemahan dan kelebihan kamu?
    6. Berikan saya argumen kenapa saya harus menerima kamu bekerja di sini?
    7. Negosiasi gaji. Aku sendiri masih belum jago negosiasi gaji :mrgreen:
    8. Dan dari survey membuktikan : setidaknya masalah gaji, pengalaman kerja, umur, status, kelemahan, alasan berhenti dari tempat kerja lama, kesehatan, dan masalah pribadi. Adalah pertanyaan yang nggak dikatakan dengan jujur saat wawancara.
  • Kalau kamu dikasih kesempatan “apa ada yang ingin ditanyakan?”. Kamu boleh pilih ya atau tidak :mrgreen:.

Masih ada yang mau ditanyakan lagi?

p.s : Ini ada tambahan artikel (in English).

It found thetop ten turn-ons were:
  1. Confident, happy and positive attitude
  2. Strong presentation, in terms of communication skills, dress and/or handshake
  3. Provision of real life examples to demonstrate answers
  4. Ability to illustrate how they stand out as a candidate
  5. Clear career plan or aspiration
  6. Enthusiastic and passionate about the role
  7. Communicate the benefits they can bring the business
  8. Prepare questions in advance to ask the interviewer
  9. Displays a good understanding of the role
  10. Is an active listener
The top ten turn-offswere:
  1. Poor verbal communication skills
  2. Not answering the question asked
  3. Not researching the company or role before the interview
  4. Leaving a mobile phone on
  5. Inability to provide solid examples of previous experience
  6. Exaggerating experience or skills
  7. Focusing on the negative rather than the positive in situations or experiences
  8. Inability to answer technical questions
  9. Arriving late
  10. Not displaying an interest in the role

Sumber dari sini.

p.s : Nunggu apa lagi?

  • bentuk soal bangun : biasannya berupa rangkaian bangun yang saling memiliki hubungan dan pola tertentu…(misalnya kotak2, segitiga , lingkaran dan kombinasinya); untuk soal jenis ini perhatikan patokan utama *umumnya pojok kanan atas* cek searah jarum jam *atau bisa kebalikannya* kemudian ikuti polanya …kerjakan secepat mungkin!!
  • bentuk soal angka : biasanya berupa deret angka random…aturan mainnya seputar penjumlahan dan operasi aritmatika…untuk soal ini manfaatkan alat bantu pensil atau penggaris sebagai counter…sehingga batas penghitungan jelas….kemudian ikuti perintah *misal disuruh menjumlah sebanyak mungkin*….jenis soal ini biasanya ada batasan waktu….kerjakan dengan cepat dan cermat
  • Bentuk Soal Coklit…mencocokan dan komplit…pasangkan bangun atau suatu padanan bisa juga lawannya…umumnya bentuk visual bangun…bisa juga kata2….so telitilah disini…..
  • tes menggambar…..ini paling sering muncul…..biasanya disediakan suatu titik….maka gambarlah sesuatu …*lebih bagus mengenai kehidupan*…sederhana tapi detail…dan lengkap…….ada juga untuk menggambar rumah, pohon , orang …………*gambarlah orang didepan rumah dan letakkan pohon sebagai tempat berteduh orang tersebut* gambar tidak perlu rumit…cukup tegas, dan maknanya bisa diketahui….
  • Jenis Soal essay….biasanya terkait dengan kehidupan sehari2 dan pergaulan

selain bentuk2 diatas tentu masih banyak lagi jenis soal yang lain…namun berdasarkan pengalaman saya jenis2 itulah yang paling sering muncul….jangan lupa kecepatan saat mengerjakan…..latihanlah bersama seorang partner guna mengukur kecepatan dan ketepatan dalam menjawab soal….buku latihan soal psikotes banyak diperjual belikan di toko buku

11 thoughts on “Sukses (Kirim Surat Lamaran, Psikotest, dan Wawancara) dalam Kerja

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s