My First Online Experience


Dengar kata pertama, imajinasi otakku udah menerawang kemana-mana em67.

Pacar pertama.. em46

Ciuman pertama.. em59

Gaji pertama.. em43

Ah.. bukan..

Banner_Hut_detikcom_180_125Online pertama tentunya! em60

Kelas 1 SMP, masih seragam putih-biru, waktu usia aku 11 tahun, brondong maniesss em23 (mau protes?), dan internet baru booming saat itu. Sebutan netter buat pencinta internetpun mulai muncul dan jadi bahasa gaul. Aku jadi inget kalau aku pernah nggak masuk kursus gara-gara lebih pilih main internet, akibatnya dihukum bikin rumus matematika sebanyak 300 rumus dikali 10 selama 1 minggu.

Warnet

Kepanjangan dari warung internet. Kata warung lebih enak didengar, kesannya merakyat ketimbang café yang konotasinya mahal untuk masalah harga. Aku masih inget nama warnet pertama kali tempat aku belajar internet, Triagung dengan tarif perjam Rp 9000,-. Mahal yaaa… (tetep walaupun namanya warung masih aja mahaaall… wekekekek). Kalau warnet Triagung lagi penuh sama user aku langsung pindah warnet dekat Triagung. Namanya Arthanet dengan tarif yang juga sama mahalnya. Wajarlah yaa karena saat itu bisnis warnet belum menjamur kayak sekarang.

Dari warnet aku bisa ketemu orang dan kenalan sama penjaga warnetnya, bisa ngutang dulu kalau misalnya lagi nggak bawa duit. Maklum anak smp mana punya banyak duit, yang ada aku sisihin duit jajan buat bisa nge-net sejam.

Nickname

Dunia maya ibaratnya dunia baru, butuh identitas baru juga supaya orang kenal sama kita. Awalnya aku kesulitan juga cari nickname yang sesuai sama aku. Akhirnya muncullah nickname baby|genius. Baby genius terinspirasi dari aku yang saat itu masih a be ge dengan tampang baby face (not babi face) dan punya kapasitas otak yang memadai buat menyerap ilmu di dunia maya makanya dibelakangnya ditambahin jenius.

Umur nggak bisa ditahan dong supaya bakalan tetap awet muda di usia a be ge? Makanya nickname aku juga ikutan berubah nama jadi PC 2003. PC sendiri kependekan dari Prince dan 2003 karena dibikin pas tahun 2003 dan waktu corat-coret di kertas, kata 2003 itu kalau dibalik 90 derajat lalu dibaca secara vertical maka akan terbaca kata “moon”. Lengkap deh aku adalah pangeran bulan.

Saat itu lagi boomingnya mobil merek “atoz”, aku suka banget sama yang warnanya merah! Keren! Maka terciptalah nicknameku yang ketiga namanya “chitoz”. Banyak yang kira itu nama salah satu mall di Jakarta, padahal bukan itu maksudku. Chi berasal dari etnik Chinese. Toz-nya baru dari merek mobil “atoz” sendiri. Chinese-kan identik sama warna merah cong.. hihihihi…

Metamorfose aku juga berubah lagi, sekitar tahun 2006 karena merasa internet sudah jadi suatu kebutuhan, bukan pemujaan sama teknologi. Muncul nickname “man24hours” yang banyak orang berkonotasi negatif sama nickname tersebut. Man aku ambil dari perubahan aku yang udah nggak a be ge lagi (dari baby jadi man dong…), lalu “24hours” karena aku online 24 jam dan pengen jadi teman yang 24/7 buat temanku.

Dan sekarang aku tetap sama nickname deddy.huang. Deddy dari nama asliku, Huang dari marga almarhum papa. Nickname itu ibarat pencarian jati diri, dan pencarian jati diriku di dunia maya telah selesai sama satu nickname terakhir. Rasanya logis kalau suatu saat aku kan bakalan berhubungan sama orang dan itu mungkin sifatnya formil, nggak lucu aja kalau misalnya nicknameku masih sounds like childish.

Email

Dulu aku nggak tahu apa itu email. Beruntung pemilik warnet Triagung itu mau ajarin aku tentang email. Dan aku juga akhirnya ngajarin siswaku tentang email. Bentuk investasi yang baik kan?

Bagiku email = tiket masuk ke dunia maya, nggak punya email ya nggak bisa masuk dong. Yahoo! Ini email pertama. Dulu sampai sekarang masih tetap diminatin ya… Lalu berlanjut karena aku masih penasaran sama fasilitas dari email, iseng-iseng aku coba registrasi alamat-alamat email lain. Waktu itu aku bisa punya 60 akun email, tapi sekarang aku sudah lupa ada dimana saja.

Chatting

MIRC, aplikasi chatting pertama yang aku minta diajarin sama penjaga warnet. Awalnya aku nggak berani pakai aplikasi ini, karena dari sumber yang aku baca chatting dari MIRC ini bisa bikin tarif internet kita makin mahal. Ternyata setelah dijelasin aku jadi nyambung maksudnya tarif mahal itu kenapa. Kamu tahu nggak kenapa? Dikau bakalan jadi chatting maniac! Lupa sama waktu, keasikan ngobrol ngalor ngidul.

Nickname yang aku pakai juga masih baby|genius. Kadang aku bosen dan coba usil di MIRC dengan pakai nickname cewek. Dipilihlah nickname “ce_penggoda” siap meluncur di channel ibu kota. Pegal aku ladenin para cowok yang memang lebih ‘ganas’ ketimbang populasi cewek.

Browsing

Menjejahi dunia maya bisa dengan duduk manis sambil ditemanin semangkok mie kari ayam dan teh botol, karena makanan yang dijual di warnet biasanya ya mie instan sama teh botol. Dulu lagi fans sama boysband Westlife, makanya yang ada tiap buka internet selalu cari berita up to date tentang Westlife, lalu cari gambar buat dijadiin wallpaper terus di-print dijadiin sampul buku. Tugas-tugas sekolah juga banyakan dibantu sama internet, aku tinggal googling lalu save as. Besok kliping sudah siap dijilid. Lumayan nilai tugas nggak jelek-jelek amat kok.

Floppy A:

Disket cong! Disket pertama beli warnanya item harganya cenggo (Rp 1500). Cuma bisa dapet 1.4 Mb doang… tapi lumayan buat simpan beberapa file. Kemana-mana selalu bawa floppy A ini, nggak bawa floppy A: rasanya kayak nggak pakai daleman sehari. Eh floppy A sekarang masih nge-trend nggak ya?

Virus

Selama masih pakai ‘jendela’, virus ibaratnya perangko yang setia setiap saat. Dan ada-ada aja alasan buat nggak kumpul tugas karena virus. Virus pertama yang aku kenal itu namanya “I Love You.exe”. Waduh aku sempat kaget kok ada yang kirimin aku surat cinta gitu, pakai acara namanya I love you segala. Eits.. pas diklik dua kali kok jadi berternak!

Game

Ada yang bilang internet itu candu, maka gamepun juga demikian. Yang pertama dan tak kan terganti, game Ragnarok Online. Game RPG dua dimensi dengan karakter yang lucu dan gemesin namun berbayar. Karakter pertamaku sebagai Priest yang bertugas untuk menolong karakter lain melalui Heal, Increase AGI, Resuraction Life, Blessing. Sayang sekarang aku udah nggak main game ini lagi lantaran udah nggak ke warnet lagi.

Blog

Tahun 2005 aku lauching http://kotaknasi.blogspot.com. Sederhana saja aku memaknain blogku ibaratnya kotak nasi. Dalamnya kotak nasikan kita nggak tahu bakalan dapet lauk apa. Lauk ibaratnya ‘persoalan’ yang kita hadapin. Ada lauk yang enak itu berani kita lagi senang, tapi ada lauk yang kurang enak berarti perasaan kita lagi nggak senang.

Tahun 2006 sampai sekarang, hatiku berpindah sama http://coffeeoriental.wordpress.com, alasan pertama aku lebih suka platform wordpress yang nggak ribet buatku mengatur tata letak penulisan, saat itu. Tanpa mengurangin filosofi dari kotaknasi, coffeeoriental-pun juga demikian. Makan terus bisa keselek dong, makanya kita butuh minuman buat mendorong makanan itu masuk ke dalam perut untuk diproses lanjut.

Simpel aja, ngapain bikin rumit kan? Aku suka kopi asli dan aku oriental (bukan SARA, tapi aku bangga kalau kita itu diberi keunikkan sama Tuhan). Hitam putih aku rangkum dalam bentuk pemikiranku, walaupun ada pemikiranku yang belum bisa diterima sama banyak orang. Aku nggak peduli. Kamu nggak suka ya nggak usah baca blogku dong? Ya kan? Ini blogku, ini yang bisa aku suguhin, dan inilah aku.

p.s : Nah, ini pengalaman pertama online-ku. Gimana sama kamu? em50

About these ads

255 pemikiran pada “My First Online Experience

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s